Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Tips Ramadhan Menyenangkan

Tips membuat Ramadhan yang menyenangkan

Mengajarkan anak tentang arti pentingnya puasa: Ajarkan anak tentang arti dan pentingnya puasa. Jelaskan dengan cara yang mudah dipahami agar anak dapat memahami mengapa mereka berpuasa. Dengan pemahaman yang baik, anak-anak dapat lebih menyukai puasa dan merasakan manfaatnya.

Membuat kegiatan kreatif: Buat kegiatan kreatif yang sesuai dengan tema Ramadhan seperti membuat kartu ucapan atau dekorasi untuk ruangan. Anak-anak juga dapat membuat lampu hiasan atau banner dengan kalimat Ramadhan.

Menonton film atau kartun Islami: Menonton film atau kartun Islami tentang Ramadhan atau kisah Nabi-nabi dapat menjadi hiburan yang bermanfaat bagi anak-anak. Sebelum menonton, pastikan konten film atau kartun tersebut sesuai untuk usia anak-anak.

Bermain permainan tradisional: Ajak anak-anak untuk bermain permainan tradisional seperti congklak atau balap karung. Ini dapat membantu anak-anak merasakan suasana Ramadhan yang tradisional dan menyenangkan.

Membuat hidangan khas Ramadhan bersama: Libatkan anak-anak dalam pembuatan hidangan khas Ramadhan seperti kolak, es buah, atau takjil lainnya. Ini dapat membantu anak-anak lebih memahami arti dari berbuka puasa dan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Mengadakan buka puasa bersama: Mengadakan buka puasa bersama dengan keluarga dan tetangga dapat membuat anak-anak merasakan suasana kebersamaan dan keakraban yang terjalin di bulan Ramadhan.

Dalam membuat Ramadhan yang menyenangkan bagi anak, penting untuk memperhatikan keamanan dan kesehatan anak. Pastikan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan usia dan kesiapan anak serta memperhatikan sholat lima waktu anak.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.