Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Strategi Guru dalam Mendukung Anak dengan ADHD di Kelas

Gangguan Hiperaktifitas dan Perhatian atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah suatu kondisi medis yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memperhatikan, mengontrol impuls, dan hiperaktif. Anak-anak yang mengalami ADHD seringkali mengalami kesulitan dalam belajar dan berinteraksi di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki strategi yang tepat dalam mendukung anak dengan ADHD di kelas. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendukung anak dengan ADHD di kelas:

Membuat lingkungan belajar yang kondusif

Guru dapat membuat lingkungan belajar yang kondusif bagi anak dengan ADHD dengan mengatur pencahayaan yang cukup, memperhatikan suhu ruangan, serta mengatur tempat duduk anak yang tepat. Guru juga dapat menggunakan alat bantu seperti papan tulis interaktif atau buku yang berisi ilustrasi menarik untuk mempertahankan perhatian anak.

Memberikan petunjuk dan aturan yang jelas

Anak dengan ADHD seringkali mengalami kesulitan dalam memproses informasi verbal secara cepat dan memahami aturan yang kompleks. Oleh karena itu, guru perlu memberikan petunjuk dan aturan yang jelas dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan konkret. Hal ini akan membantu anak untuk memahami tugas yang diberikan dan meminimalkan kesalahan dalam mengerjakan tugas.

Menjadwalkan waktu belajar dan istirahat yang teratur

Anak dengan ADHD seringkali mengalami kesulitan dalam mengatur waktu dan fokus. Oleh karena itu, guru perlu membuat jadwal waktu belajar dan istirahat yang teratur. Selain itu, guru juga dapat memberikan waktu istirahat yang cukup bagi anak untuk bergerak dan mengurangi hiperaktifitas.

Menggunakan metode pembelajaran yang berbeda

Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Guru perlu memahami cara belajar anak dengan ADHD dan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda untuk menyesuaikan kebutuhan mereka. Misalnya, guru dapat menggunakan metode visual atau auditif untuk memperkuat pemahaman anak.

Memberikan umpan balik yang positif

Anak dengan ADHD seringkali merasa sulit untuk mengendalikan impuls dan emosinya. Oleh karena itu, guru perlu memberikan umpan balik yang positif dan menghargai upaya anak. Umpan balik yang positif dapat membantu anak dengan ADHD membangun rasa percaya diri dan motivasi dalam belajar.

Melibatkan orang tua dan ahli terkait

Orang tua dan ahli terkait seperti psikolog atau terapis dapat memberikan informasi tambahan tentang kondisi anak dengan ADHD dan membantu guru dalam menyusun strategi pendidikan yang tepat. Oleh karena itu, guru perlu melibatkan orang tua dan ahli terkait dalam proses pendidikan anak dengan ADHD.

Dalam mendukung anak dengan ADHD di kelas, guru perlu memiliki strategi yang tepat dan beradaptasi dengan kebutuhan individu anak. Dengan menggunakan strategi yang tepat, guru dapat membantu

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.