Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Peran Penting Pembacaan Dan Kegiatan Literasi Dalam Memberikan Pendidikan Yang Terbaik Bagi Anak-Anak Sejak Dini

Ketika putri saya, Liam, masih bayi, saya mulai membacakan buku-buku anak kepadanya setiap hari. Saya menyadari bahwa pembacaan adalah kunci untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak sejak usia dini. Saya ingin membantunya mengembangkan cinta akan buku, bahasa, dan pengetahuan sejak dini.

Dari usia yang sangat muda, Liam mulai menunjukkan minat yang besar pada buku. Saya melihatnya berinteraksi dengan gambar-gambar di buku, meraba halaman-halaman, dan mendengarkan dengan penuh perhatian ketika saya membacakan cerita-cerita sederhana. Saya tahu bahwa ini adalah momen penting dalam pengembangan keterampilan bahasa dan literasinya.

Seiring berjalannya waktu, kami memperluas koleksi buku anak-anak kami. Kami pergi ke perpustakaan setempat secara teratur untuk meminjam buku-buku baru. Ini adalah ritual yang sangat kami nikmati bersama. Kami juga membiarkan Liam memilih buku-buku yang dia suka dan memberinya kebebasan untuk membaca kapan saja dia mau.

Saya juga terlibat aktif dalam membimbing Liam dalam memahami cerita dan membangun keterampilan literasi. Kami sering berbicara tentang karakter-karakter dalam buku, mengidentifikasi huruf dan kata, dan menggambarkan apa yang dia lihat di halaman-halaman buku. Ini membantunya mengembangkan pemahaman naratif dan kemampuan membaca secara bertahap.

Selain membaca, kami juga mengintegrasikan kegiatan literasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika kami berbelanja di toko kelontong, saya akan membacakan daftar belanjaan kepada Liam dan memintanya untuk mencari produk-produk tersebut di rak-rak toko. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk membangun keterampilan membaca praktis.

Ketika Liam memasuki sekolah prasekolah, dia sudah memiliki dasar yang kuat dalam literasi. Dia dapat membaca kata-kata sederhana dan memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik. Ini membantu dia beradaptasi dengan baik dalam lingkungan sekolah dan membuat proses pembelajaran lebih lancar.

Selain itu, pengalaman literasi ini juga membuka dunia yang tak terbatas bagi Liam. Dia belajar tentang dunia yang lebih luas melalui buku, mengeksplorasi cerita-cerita tentang tempat-tempat yang jauh, orang-orang yang berbeda, dan petualangan yang menarik. Ini membantu membentuk pemahamannya tentang budaya, keberagaman, dan pengetahuan secara umum.

Dalam cerita ini, pentingnya pembacaan dan kegiatan literasi dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak sejak usia dini sangat jelas. Ini adalah fondasi penting untuk perkembangan bahasa, pemahaman dunia, dan kemampuan belajar mereka. Pembacaan bersama anak-anak adalah salah satu investasi terbaik yang bisa kita lakukan sebagai orang tua dalam mendukung perkembangan mereka.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.