Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Peran Penting Pembacaan Dan Kegiatan Literasi Dalam Memberikan Pendidikan Yang Terbaik Bagi Anak-Anak Sejak Dini

Ketika anak saya, Emma, lahir, saya sangat percaya akan pentingnya literasi sejak dini dalam perkembangan anak. Saya tahu bahwa membaca dan berinteraksi dengan kata-kata adalah cara yang kuat untuk membuka pintu dunia pengetahuan dan imajinasi bagi mereka. Oleh karena itu, saya berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mempromosikan pembacaan sejak Emma masih bayi.

Saat Emma masih bayi, saya sering membacakannya cerita sebelum tidur, meskipun dia belum bisa memahami kata-kata. Saya yakin bahwa ini membantu membiasakan dia dengan suara kata-kata, membangun koneksi emosional dengan buku, dan memberikan pengalaman positif terkait dengan membaca.

Ketika dia mulai merangkak, saya menyediakan tumpukan buku-buku kartun yang tahan air di kamar mandi. Ini memberikan kesempatan baginya untuk bermain dengan buku sambil mandi dan membiasakan dirinya dengan buku sebagai bagian dari rutinitas harian.

Seiring berjalannya waktu, saya memperkenalkan buku-buku dengan gambar yang lebih banyak, cerita-cerita pendek, dan buku-buku yang bisa dia sentuh. Kami menghabiskan waktu berjam-jam di toko buku lokal, dan saya selalu membiarkannya memilih buku-buku yang dia suka. Ini memberinya rasa memiliki dalam pengalaman membaca dan memungkinkannya untuk mengembangkan preferensi literer pribadinya.

Ketika Emma memasuki usia prasekolah, saya mendaftarkannya di perpustakaan anak-anak dan kami sering mengunjunginya. Di sana, dia dapat mengambil buku-buku untuk dibaca di rumah, dan kami berpartisipasi dalam program-program bacaan keluarga yang diselenggarakan oleh perpustakaan.

Saya juga menciptakan rutinitas membaca sebelum tidur yang konsisten. Setiap malam sebelum tidur, kami membaca beberapa buku bersama-sama. Ini adalah waktu yang penuh kasih, memberikan kesempatan untuk merangsang imajinasi dan membahas cerita bersama-sama.

Ketika Emma mulai belajar membaca sendiri, saya menjadi pendukung utamanya. Saya membantunya dengan latihan membaca, membacakan cerita bersama-sama, dan menjawab pertanyaan-pertanyaannya tentang kata-kata yang dia temui. Kami juga sering pergi ke perpustakaan dan toko buku bersama untuk memilih buku-buku yang sesuai dengan minatnya dan tingkat keterampilan membacanya.

Melalui perjalanan ini, saya melihat bagaimana literasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari Emma. Ini telah membuka pintu dunia pengetahuan baginya, membantu perkembangan bahasa dan keterampilan membaca, serta meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya. Lebih dari itu, pembacaan telah membantu kami menjalin ikatan yang kuat dan positif melalui pengalaman bersama-sama.

Dalam cerita ini, peran penting pembacaan dan kegiatan literasi dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak sejak dini sangat jelas. Literasi bukan hanya tentang membaca kata-kata, tetapi juga tentang membaca dunia, membuka jendela imajinasi, dan membangun keterampilan kognitif dan sosial yang kuat. Dalam memperkenalkan anak-anak pada literasi sejak dini, kita memberi mereka bekal yang sangat berharga untuk masa depan mereka.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.