Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Orang Tua Harus Memukul Anaknya

Memukul anak sebagai bentuk hukuman atau disiplin seringkali menjadi topik yang kontroversial dalam dunia parenting. Beberapa orangtua mungkin berpendapat bahwa memukul anak adalah cara yang efektif untuk mengajarkan kedisiplinan, sementara yang lain menganggap bahwa memukul anak dapat memberikan dampak negatif pada kondisi mental anak di masa depan.

Dalam pandangan Islam, memukul anak sebenarnya bukanlah hal yang dibenarkan. Sebagai orangtua, seharusnya mendidik dan membesarkan anak dengan penuh kasih sayang agar nantinya anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Terdapat hadis yang menyatakan bahwa orangtua seharusnya mengajarkan anak untuk mengerjakan shalat ketika berumur 7 tahun, dan memukul anak jika telah mencapai 10 tahun jika ia mengabaikannya[2].

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa memukul anak dapat memberikan dampak negatif pada kondisi mental anak di masa depan, seperti menimbulkan rasa takut, kecemasan, dan depresi[5]. Selain itu, memukul anak juga dapat mempengaruhi hubungan antara orangtua dan anak, serta dapat mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak.

Sebagai gantinya, orangtua dapat menerapkan metode pengasuhan yang lebih positif dan efektif, seperti memberikan pengawasan yang tepat, memberikan disiplin yang konsisten, dan memberikan dukungan emosional yang cukup[1]. Orangtua juga dapat memperkuat keterampilan parenting dan memperluas pengetahuan tentang pengasuhan anak melalui buku, seminar, atau konseling.

Dengan menerapkan metode pengasuhan yang tepat, diharapkan orangtua dapat memberikan pengasuhan yang baik dan seimbang bagi anak. Orangtua juga dapat membuktikan bahwa mereka mampu mengasuh anak dengan baik dan memberikan dampak positif pada perkembangan anak.

Citations:

[1] https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/mendidik-anak-di-era-digital/

[2] https://hidayatullah.com/kajian/gaya-hidup-muslim/2022/07/04/232640/jangan-lagi-kau-pukul-anakmu.html

[3] https://theconversation.com/apa-yang-dikatakan-penelitian-tentang-kebiasaan-orang-tua-memukul-anak-anak-185538

[4] https://bpkpenabur.or.id/news/blog/6-cara-mendidik-balita-agar-tumbuh-disiplin-yuk-terapkan-sejak-dini?page=160

[5] https://www.orami.co.id/magazine/dampak-memukul-anak

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.