Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Mengintegrasikan Pembelajaran Formal Dan Informal Dalam Kehidupan Sehari-Hari Pada Anak-Anak

Ketika saya menjadi orang tua, saya sadar bahwa pendidikan anak-anak saya harus mencakup lebih dari sekadar pelajaran di sekolah. Saya ingin memberikan mereka pengalaman pendidikan yang holistik yang mencakup aspek-aspek formal dan informal dalam kehidupan sehari-hari. Saya merasa bahwa pengalaman-pengalaman tersebut dapat membantu mereka menjadi individu yang berpengetahuan luas, kreatif, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang dunia di sekitar mereka.

Salah satu cara kami mengintegrasikan pembelajaran formal dan informal adalah melalui perjalanan wisata keluarga. Kami merencanakan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, museum, taman ilmiah, dan tempat wisata edukatif lainnya. Sebelum pergi, kami bersama-sama mencari informasi tentang tempat yang akan kami kunjungi, membaca tentang sejarah atau konsep ilmiah yang terkait, dan berdiskusi tentang apa yang ingin kami pelajari selama perjalanan tersebut. Setelah kembali, kami berdiskusi lebih lanjut tentang apa yang telah kami pelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran di sekolah. Pendekatan ini memungkinkan anak-anak saya untuk mengalami pembelajaran dalam konteks nyata dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang mereka dapatkan di sekolah.

Selain itu, kami mengintegrasikan pembelajaran informal melalui aktivitas sehari-hari di rumah. Saat memasak bersama, kami membicarakan konsep matematika seperti pengukuran, perbandingan, dan estimasi. Ketika berkebun di halaman belakang, kami belajar tentang tanaman, ekosistem, dan siklus hidup tumbuhan. Bahkan saat menonton film atau membaca buku bersama, kami mengajak anak-anak untuk berpikir kritis, merumuskan pertanyaan, dan berbicara tentang tema-tema yang muncul.

Selama musim liburan, kami sering mengadakan “proyek” keluarga. Misalnya, kami memilih topik tertentu seperti penjelajahan luar angkasa atau mesin sederhana. Kami mencari informasi, merancang percobaan sederhana, dan bahkan membuat model atau prototipe. Proyek-proyek ini mengajarkan anak-anak tentang riset, perencanaan, eksperimen, dan presentasi hasil. Ini juga menjadi kesempatan untuk mendorong kreativitas mereka dan memberikan pendidikan yang lebih dalam tentang konsep-konsep ilmiah.

Penting bagi kami untuk memastikan bahwa pembelajaran formal dan informal berjalan beriringan. Ketika anak-anak belajar tentang sejarah di sekolah, kami mencari buku atau film yang menggali lebih dalam tentang topik tersebut di rumah. Ketika mereka mempelajari matematika, kami mencoba menerapkan konsep-konsep tersebut dalam situasi nyata. Integritas pembelajaran ini membantu anak-anak melihat bahwa pengetahuan tidak terbatas pada ruang kelas, melainkan dapat ditemukan di setiap aspek kehidupan.

Dengan mengintegrasikan pendekatan formal dan informal, kami berharap anak-anak kami tumbuh menjadi individu yang memiliki wawasan luas, berpikiran terbuka, dan siap menghadapi tantangan dunia dengan keyakinan dan pengetahuan yang kuat. Pendekatan ini memberikan pendidikan yang holistik yang mempersiapkan mereka untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat yang selalu haus akan pengetahuan dan pengalaman.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.