Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Kiat Sukses Mendidik Anak Tanpa Gadget Dan TV

Pada era di mana teknologi semakin canggih, penggunaan gadget dan TV telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagai orang tua, penting untuk memperhatikan dampak negatif yang mungkin timbul akibat penggunaan berlebihan dari kedua hal tersebut pada perkembangan anak. Beberapa dampak negatif yang perlu diperhatikan antara lain gangguan tidur, masalah kesehatan fisik, dan penundaan perkembangan bahasa anak.

Untuk itu, diperlukan kiat-kiat sukses dalam mendidik anak tanpa ketergantungan pada gadget dan TV. Beberapa kiat yang dapat diterapkan antara lain[1]:

1. Membuat area ruangan bebas teknologi.

2. Menyediakan buku atau alat menggambar.

3. Memiliki aturan penggunaan gawai atau gadget.

4. Mengatur batasan waktu penggunaan layar.

5. Mendampingi saat anak bermain gadget.

6. Memantau aktivitas anak di dunia maya.

Selain itu, penting pula bagi orang tua untuk memiliki pandangan yang sama dalam bertanggung jawab atas kesejahteraan anak secara keseluruhan. Kedekatan emosional antara orang tua dan anak juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak di era digital.

Dengan menerapkan kiat-kiat sukses tersebut, diharapkan orang tua dapat mendidik anak tanpa ketergantungan pada gadget dan TV, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara seimbang dan optimal.

Dengan demikian, kesadaran dan tindakan bijak orang tua dalam mengelola penggunaan gadget dan TV oleh anak sangatlah penting untuk memastikan bahwa perkembangan anak tetap terjaga dengan baik.

Citations:

[1] https://www.gurusiana.id/read/osbblitar/article/kiat-sukses-mendidik-anak-tanpa-gadget-dan-tv-661184

[2] https://hamil.co.id/anak/parenting/cara-mendidik-anak-tanpa-gadget

[3] https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/mendidik-anak-di-era-digital/

[4] https://media.neliti.com/media/publications/264620-pendidikan-anak-dalam-keluarga-di-era-di-825f7f7f.pdf

[5] http://repository.unikastpaulus.ac.id/122/1/Artikel_Jurnal_Missio_Pola_Asuh_yang_Efektif.pdf

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.