Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Dampak ADHD pada Pembelajaran dan Prestasi Akademik Anak

Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) sering mengalami kesulitan dalam fokus, memperhatikan detail, mengingat informasi, dan menyelesaikan tugas-tugas akademik. Masalah ini dapat memengaruhi pembelajaran dan prestasi akademik mereka di sekolah. Dalam esai ini, akan dibahas dampak ADHD pada pembelajaran dan prestasi akademik anak.

Pertama, ADHD dapat mempengaruhi kinerja akademik anak. Anak-anak dengan ADHD cenderung memiliki nilai yang lebih rendah dan sering kali gagal dalam tes dan tugas-tugas sekolah. Mereka juga cenderung terlambat dalam menyelesaikan tugas dan tidak menyelesaikan pekerjaan rumah. Hal ini dapat memengaruhi evaluasi akademik mereka secara keseluruhan dan memberikan dampak jangka panjang pada kepercayaan diri dan motivasi mereka.

Kedua, anak dengan ADHD cenderung memiliki masalah dalam mengatur waktu dan mengelola pekerjaan rumah dan proyek sekolah. Mereka mungkin kesulitan memecahkan masalah matematika, menulis esai, dan mengerjakan tugas kreatif karena kesulitan dalam berfikir kritis dan berorganisasi. Selain itu, mereka dapat memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas dalam batas waktu yang ditentukan, yang dapat memengaruhi nilai mereka.

Ketiga, anak dengan ADHD dapat memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan teman sekelas dan guru. Mereka mungkin kesulitan memahami aturan sosial yang diikuti oleh orang lain, seperti tidak memotong pembicaraan atau tidak mengganggu orang lain yang sedang bekerja. Hal ini dapat mengarah pada masalah dalam kelas, termasuk konflik dengan guru dan teman sekelas.

Dalam rangka untuk membantu anak-anak dengan ADHD mengatasi masalah dalam pembelajaran dan prestasi akademik mereka, orang tua dan guru dapat menerapkan strategi tertentu. Beberapa strategi yang dapat membantu termasuk memberikan penghargaan positif, menjadwalkan waktu, memberikan dukungan sosial, dan memberikan instruksi yang jelas dan tegas.

Dalam kesimpulan, ADHD dapat memiliki dampak yang signifikan pada pembelajaran dan prestasi akademik anak. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut sedini mungkin, dan memberikan dukungan yang diperlukan kepada anak-anak dengan ADHD agar mereka dapat meraih potensi akademik mereka secara penuh.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.