Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Bagaimana Orang Tua di Berbagai Budaya Menjalin Pembelajaran Anak-anaknya

Orangtua di berbagai budaya menjalin pembelajaran anak-anaknya dengan menggunakan metode yang berbeda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditemukan dalam berbagai budaya:

1. Penggunaan media digital: Dalam generasi digital, orangtua harus mendampingi anak-anak sebagai generasi digital. Hal-hal yang dapat dilakukan meliputi menambah pengetahuan tentang penggunaan media digital, mengatur waktu penggunaan gadget, dan melakukan pendampingan terhadap anak-anak yang terlambat bicara disebabkan karena kurangnya latihan lanskap[2].

2. Kerjasama dengan guru: Orangtua dan guru dapat bekerja sama untuk mendukung kegiatan pembelajaran karakter anak, seperti melakukan wawancara yang menyeluruh tentang perkembangan anak, cara berkomunikasi antara anak dan orang dewasa, dan budaya[1][4].

3. Aktivitas outdoor: Orangtua dapat mendorong anak untuk menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti berjalan, berpergian, atau berolahr kaki. Aktivitas outdoor dapat membantu anak mengembangkan keterampilan kreatif, sosial, dan emosional[5].

4. Pendidikan di rumah: Orangtua juga dapat melakukan pendidikan di rumah untuk menjaga pembelajaran anak-anak. Dalam rumah, orangtua dapat mengajarkan anak bahasa, matematika, sosial, dan budaya[4].

5. Kerjasama dengan masyarakat: Orangtua dan masyarakat dapat bekerja sama untuk mendukung pendidikan anak. Masyarakat dapat memberikan dukungan, wisata, atau kursus pendidikan gratis bagi anak-anak yang membutuhkannya[4].

6. Penggunaan gadget yang bijak: Orangtua harus membatasi penggunaan gadget oleh anak dengan cara yang bijak agar seimbang, seperti mengatur waktu penggunaan gadget dan mengajarkan anak cara berkomunikasi dan menghabiskan waktu secara efektif[2].

Dalam menjalin pembelajaran anak-anak, orangtua di berbagai budaya menemukan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks keluarga mereka. Pentingnya adalah untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja, peranekahan, dan pendidikan anak-anak.

Citations:

[1] https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/23/17491551/15-contoh-kerjasama-orangtua-dan-guru-untuk-bantu-mendidik-anak?page=all

[2] http://repository.unikastpaulus.ac.id/122/1/Artikel_Jurnal_Missio_Pola_Asuh_yang_Efektif.pdf

[3] https://mistar.id/edukasi/efek-psikologi-dan-perilaku-anak-dari-kedua-orangtua-yang-bekerja/

[4] https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi/article/download/980/665

[5] https://www.gurusiana.id/read/osbblitar/article/kiat-sukses-mendidik-anak-tanpa-gadget-dan-tv-661184

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.