Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Bagaimana Masyarakat Memandang Orang Tua Tunggal?

Orang tua tunggal seringkali dihadapkan pada masalah dan tantangan yang berbeda dalam mengasuh anak. Masyarakat seringkali memandang orang tua tunggal dengan kurang baik karena dianggap tidak mampu memberikan pengasuhan yang baik bagi anak. Namun, sebenarnya orang tua tunggal dapat memberikan pengasuhan yang baik dan seimbang bagi anak dengan menerapkan beberapa keterampilan, nilai, dan gaya parenting yang tepat.

Orang tua tunggal perlu memiliki keterampilan parenting yang baik, seperti kemampuan dalam berkomunikasi, memberikan dukungan emosional, memberikan pengawasan, dan memberikan disiplin yang tepat. Selain itu, orang tua tunggal juga perlu menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan agama pada anak sejak usia dini agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dalam mengasuh anak, orang tua tunggal juga perlu memperhatikan gaya parenting yang tepat, seperti gaya otoriter, demokratis, permisif, dan tidak terlibat.

Namun, terdapat beberapa masalah dan tantangan yang dihadapi oleh orang tua tunggal dalam mengasuh anak, seperti merasa kehabisan waktu dan tenaga, kurangnya dukungan dari lingkungan, dan kurangnya dukungan finansial. Oleh karena itu, orang tua tunggal perlu memperhatikan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pengasuhan anak, serta menjaga kesejahteraan keluarga.

Dalam menghadapi masalah dan tantangan tersebut, orang tua tunggal dapat mencari dukungan dari keluarga, teman, atau komunitas orang tua tunggal. Selain itu, orang tua tunggal juga dapat memperkuat keterampilan parenting dan memperluas pengetahuan tentang pengasuhan anak melalui buku, seminar, atau konseling.

Dengan menerapkan keterampilan, nilai, dan gaya parenting yang tepat, serta mencari dukungan dari lingkungan sekitar, diharapkan orang tua tunggal dapat memberikan pengasuhan yang baik dan seimbang bagi anak. Orang tua tunggal juga dapat membuktikan bahwa mereka mampu mengasuh anak dengan baik dan memberikan dampak positif pada perkembangan anak.

Citations:

[1] https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/viewFile/4316/3986

[2] http://scholar.unand.ac.id/26524/2/SKRIPSI1%20-%202%20Bab%20I%20WM.pdf

[3] https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-2514325/studi-orang-tua-yang-terobsesi-pekerjaan-cenderung-abaikan-pengasuhan-anak

[4] https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/mendidik-anak-di-era-digital/

[5] https://repository.uinmataram.ac.id/527/4/Psikologi%20Pengasuhan%20%281%29_Compressed.pdf

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.