Kreatif Parenting

Kreatif Parenting is a blog that provides PARENTING Education information to Indonesian parents and families to always learn, share experiences, which are special - CREATIVE and fun
Apakah Teman Sebaya Lebih Penting Dibanding Orang Tua Dalam Proses Tumbuh Kembang?

Dalam proses tumbuh kembang, baik orang tua maupun teman sebaya memiliki peran yang penting. Orang tua bertanggung jawab dalam memberikan asuhan, mendidik, dan membimbing anak, sementara teman sebaya memengaruhi perilaku sosial dan psikologis anak. Kedua faktor ini saling melengkapi dalam membentuk karakter dan perilaku anak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Santrock (2003), sebagian besar remaja membicarakan hal-hal seksual lebih bebas dengan teman sebaya dibandingkan dengan orang tuanya[4]. Namun, penelitian lain menemukan bahwa kelekatan remaja pada orang tua dipengaruhi oleh seberapa besar remaja memperoleh kepercayaan orang tua dalam mendukung perilaku sehat[5]. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua dan teman sebaya sama-sama berperan dalam membentuk perilaku sehat remaja.

Dalam konteks pembelajaran, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan karakter dan penanaman nilai budi pekerti pada anak[1]. Namun, teman sebaya juga memengaruhi perkembangan moral anak, terutama pada masa remaja[4]. Oleh karena itu, kedua faktor ini saling melengkapi dalam membentuk karakter dan perilaku anak.

Dengan demikian, baik orang tua maupun teman sebaya memiliki peran yang penting dalam proses tumbuh kembang anak. Orang tua bertanggung jawab dalam memberikan asuhan, mendidik, dan membimbing anak, sementara teman sebaya memengaruhi perilaku sosial dan psikologis anak. Kedua faktor ini saling melengkapi dalam membentuk karakter dan perilaku anak.

Citations:

[1] http://repository.unikastpaulus.ac.id/122/1/Artikel_Jurnal_Missio_Pola_Asuh_yang_Efektif.pdf

[2] https://bpkpenabur.or.id/news/blog/6-cara-mendidik-balita-agar-tumbuh-disiplin-yuk-terapkan-sejak-dini?page=160

[3] https://www.hipwee.com/wedding/8-alasan-logis-kenapa-setelah-menikah-lebih-baik-kamu-hidup-terpisah-dari-orang-tua/

[4] https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/download/904/pdf

[5] https://ugm.ac.id/id/berita/8820-figur-orang-tua-dan-teman-sebaya-pengaruhi-perilaku-sehat-remaja/

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.