Home Indonesian Tips membantu Anak-anak Belajar Daring

Tips membantu Anak-anak Belajar Daring

708
0
Tips bagi orang tua dalam mengasuh dan membantu anak belajar daring di masa pandemic.


Adanya wabah virus Covid dari Wuhan, RRC membuat kondisi dunia menjadi berubah. Banyak hal yang terjadi yang berbeda dari waktu sebelumnya yang perlu dilakukan demi mencegah penularan virus Corona yang mematikan dan belum ditemukan obatnya itu. Salah satunya ialah dengan membatasi kontak fisik atau melalukan social distance. Sehingga proses belajar mengajar pun kini dilakukan secara online, dan sekolah pun diliburkan. Hal itu kadang menimbulkan berbagai masalah baik bagi si anak maupun bagi orang tuanya. Mengasuh Anak Selama Pandemi Coronavirus memang tidak mudah. Berikut ini tips membantu anak-anak belajar daring.

Sarana Prasarana Belajar Daring

Sediakan dan lengkapi sarana untum melaksanakan belajar daring tersebut bagi anak. Dalam hal ini ialah ponsel atau laptop atau PC (Personal Computer) juga kuota internet. Tak perlu harus yang terbagus atau mahal, sepanjang sudah bisa digunakan dan berfungsi lancar, maka itu sudah cukup. Beri pengertian kepada anam mengenai kondisi keuangan keluarga, agar anak tidak menuntut terlalu berlebihan, dan belajar mensyukuri apa yang telah ada. Momen ini juga saat yang tepat untuk mengajarkan anak tentang simpati dan belajar berbagi serta hidup sederhana. Namun penuhi sarana dan prasarana sekolah daring nya. Jika perlu maka bisa gunakan dana darurat atau tabungan, dan hindari pinjaman online agar tidak menimbulkan masalah. Juga segera lunasi jika mengunakan kartu kredit untuk membelinya. Tak perlu mewah dan mahal, yang penting berfungsi lancar.

Siapkan Waktu dan Pikiran untuk Dampingi Anak

Anak akan mendapat cukup banyak tugas selama sekolah daring. Siapkan waktu, tenaga dan pikiran serta perhatian untuk mendampingi anak. Bantu juga anak untuk menyelesaikan tugasnya tersebut. Tanyakan tiap saat guna mengingatkan anak mengenai tugas sekolah daring itu yang masih harus diselesaikan. Oramg tua bisa mencari jawabannya dengan search di internet jika ada pertanyaan anak yang sulit dijawab. Orang tua akan bisa memilah sumber yang benar dari internet yang aman bagi anak, jika dibandingkan dengan apabila anak mencarinya sendiri di internet. Terapkan sistem internet aman anak di gadet yang bisa diakses oleh anak. Ajarkan juga anak tentang manajemen waktu, yakni cara mengatur waktu yang benar. Utamakan untuk menyelesaikan dulu tugas-tugas sekolah daring, baru bermain.

Hibur dan Kuatkan Mental Anak

Selalu berada di dalam rumah selama masa wabah virus Covid yang menular dan mematikan membuat anak menjadi mudah bosan. Ciptakan aneka kegiatan menarik yang mendidik dan menunjang pelajarannya selama sekolah daring yang menarik dan edukatif agar anak tidak stres dan bisa tetap semangat dalam belajar. Kemungkunan tugas-tuga selama sekolah daring cukup banyak. Jangan tunjukkan kekesalan dan kemarahan di hadapan anak. Tunjukkan sikap positif dan optimis dalam mendukung belajar anak secara daring. Bantu untuk menyelesaikan tiap tugas yang ada, meski dalam kondisi lelah sehabis kerja sekalipun, beri perhatian dan waktu bagi anak. Beri nasehat dan pengertian kepada anak mengenai bahaya Covid dan cara menghindarinya.

Perhatikan dan Penuhi Kebutuhan Anak akan Makanan Sehat

Guna memenuhi stamina anak selama belajar daring maka jangan lupa untuk menyediakan makanan sehat dan bergizi bagi anak guna menunjang staminanya. Perhatikan komposisi kandungan gizinya dan juga cara memasak, cara pengolahannya agar tidak hilang kandungan gizinya dan bisa tampil menarik selain enak. Jangan memberi makan anak asal kenyang.

Usahakan agar tidak stres dan selalu berpikir positif dan jernih serta kreatif agar anak juga tidak ikut menjadi stres.
Previous articleStress Experienced by Parents During COVID-19
Next articlePerangkat Kesehatan Mental Coronavirus yang Bisa Diakses oleh Mayarakat Umum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here