Home Health Perangkat Kesehatan Mental Coronavirus yang Bisa Diakses oleh Mayarakat Umum

Perangkat Kesehatan Mental Coronavirus yang Bisa Diakses oleh Mayarakat Umum

713
0

Ketahui beberapa Perangkat Kesehatan Mental Corona Virus yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat umum yang membutuhkan tempat untuk melakukan perawatan atau konsultasi terhadap masalah Kesehatan mental yang diakibatkan oleh Coronavirus.

Masalah Genting Dalam Dunia Kesehatan Mental

Coronavirus, menjadi suatu masalah genting dalam dunia Kesehatan selama dua tahun ini. Dengan adanya virus tersebut, berbagai macam dampak luar biasa secara bersamaan menimpa pada setiap orang mulai dari, dampak pada bidang ekonomi, kesehatan fisik, dan juga kesehatan mental. Hal yang menjadi garis bawah di sini, membahas mengenai apa saja Perangkat Kesehatan Mental Coronavirus.

Beberapa Perangkat Kesehatan Mental Coronavirus

Coronavirus memberikan dampak yang luar biasa pada Kesehatan mental masyarakat, mulai dari rasa cemas yang berlebihan, stress karena tidak bisa bertemu dengan banyak orang, terlalu merasa takut akan setiap hal yang terkait dengan gejala Covid-19, perasaan kesepian, dan para pelajar yang merasa tertekan dengan sistem pembelajaran daring yang sulit untuk dipahami.

Hal-hal yang menjadi faktor masalah Kesehatan mental tersebut, memang sebaiknya harus segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. Masalah Kesehatan juga bisa terjadi pada anak-anak, sehingga pastikan untuk mengasuh anak selama pandemi coronavirus dengan benar, Hal ini tentu agar menghindari masalah kesehatan mental yang berkelanjutan. Namun, di mana kita bisa melakukan perawatan kesehatan mental yang diakibatkan oleh pademi Coronavirus?

Ada beberapa Perangkat Kesehatan Mental Coronavirus yang bisa digunakan untuk menjadi tempat penanganan, perawatan, pemulihan, dan konsultasi dengan ahlinya.

1. Puskesmas

Menjadi perangkat Kesehatan yang bisa secara mudah ditemui di seluruh tempat di Indonesia, Puskemas menjadi fasilitas Kesehatan yang bisa digunakan sebagai perangkat dalam penanganan kesehatan mental yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Puskesmas memiliki tenaga ahli untuk Kesehatan mental seperti psikolog dan psikiater, atau juga tenaga ahli yang memahami seputar Kesehatan mental. Dalam kegiatannya, konsultasi akan Kesehatan mental bisa dilakukan secara daring atau langsung mengunjungi puskesmas terdekat.

Dalam beberapa kasus, ada kegiatan di mana pihak puskesmas mendatangi rumah, sekolah atau tempat lainnya untuk memberikan penyuluhan dan konsultasi gratis tentang Corona Virus. Untuk yang ingin melakukan konsultasi dan perawatan Kesehatan mental di puskesmas, memang diperlukan adanya sedikit biaya untuk administrasi.

2. MCCC (Muhammadiyah Covid 19 Commad Center)

Salah satu ormas Islam terbesar Indonesia juga memberikan kontribusi membantu korban pandemi Cobid 19. Melalui MCCC Pimpinan Pusat Muhammadiyah melakukan pencegahan dan tindakan secara sungguh-sungguh, masif, dan terkoordinasi dengan baik.

Disetiap daerah seluruh Indonesia telah disiapkan Rumah Sakit Muhammadiyah setempat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar yang mengalami gangguan kesehatan mental yang disebabkan pandemi Covid 19.
 
3. Rumah Sakit Jiwa

Tidak hanya menjadi tempat untuk perawatan khusus terhadap Kesehatan mental, RSJ juga menjadi perangkat yang tepat dalam penanganan Kesehatan mental yang diakibatkan oleh Coronavirus. Bahkan, RSJ memiliki sarana, fasilitas, dan penanganan yang lebih mumpuni.

Dalam penanganannya, pihak rumah sakit jiwa bisa secara teliti dan mendetail mengenai permasalahan masyarakat yang datang entah untuk berobat atau sekedar melakukan konsultasi. Sama seperti puskesmas, kita harus menyiapkan sedikit lebih besar biaya untuk administrasi dan biaya lainnya.

4. Aplikasi PIKOBAR

Untuk warga Jawa Barat, kita bisa melakukan konsultasi dengan para ahli seputar masalah kesehatan mental yang menyerang akibat dari adanya Coronavirus. PIKOBAR merupakan aplikasi Covid-19 yang dapat diunduh secara gratis. PIKOBAR, memiliki beberapa fitur, salah satunya adalah Fitur KJOL atau Konsultasi Jiwa Online.

Fitur KJOL menjadi tempat konsultasi untuk para pasien yang sedang menjalani isoman, serta menjadi solusi terhadap akomodasi kebutuhan masyarakat dalam menangani Kesehatan mental yang bisa diakses secara daring dan gratis oleh siapapun. Konsultasi akan ditanggapi oleh tim psikolog dan psikiater terpercaya, sehingga bisa secara tepat membantu masyarakat yang berkonsultasi dalam menangani Kesehatan mental yang terganggu selama pandemi.

Itulah 4 Perangkat Kesehatan Mental Coronavirus yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menangani masalah Kesehatan mental yang diakibatkan oleh pandemi Coronavirus atau Covid-19, baik untuk melakukan perawatan atau juga untuk sekedar konsultasi saja.
Previous articleTips membantu Anak-anak Belajar Daring
Next articleGood Parenting Tips During the Corona Virus Pandemic

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here