Home Health Sangat Sederhana! Ini Tips Latihan Kebugaran Di Rumah: Berolahraga Tanpa Gym

Sangat Sederhana! Ini Tips Latihan Kebugaran Di Rumah: Berolahraga Tanpa Gym

43
0

Semenjak pandemi aktivitas fisik berkurang dari biasanya sehingga kebugaran tubuh juga menurun, ada beberapa tips latihan kebugaran di rumah: berolahraga tanpa gym yang boleh dicoba.

Mengasuh anak selama pandemi coronavirus memang susah-susah gampang, Anda harus membagi waktu untuk bekerja, mengurus rumah dan memantau anak selama di rumah. Banyak orang tua yang mulai lelah dengan kondisi ini.

Selama seluruh kegiatan hanya dilakukan dari rumah, otomatis kita akan lebih sering duduk berjam-jam di depan komputer, bermain ponsel dan kurang banyak aktivitas fisik seperti sebelumnya.

Anak-anak seharusnya lebih banyak melakukan kegiatan fisik di luar namun semenjak pandemi harus mengurangi dan hal tersebut berpengaruh terhadap kebugaran tubuh.

Simak artikel berikut seputar tips latihan kebugaran di rumah: berolahraga tanpa gym.

Apa yang Perlu Disiapkan?

• Matras

Jika Anda akan melakukan workout, sit-up, push-up yang perlu berbaring di atas lantai maka dibutuhkan satu buah matras maupun alas empuk agar lebih nyaman saat berolahraga.

• Pakaian Olahraga

Memakai pakaian khusus olahraga lebih disarankan karna desainnya memang sudah dirancang lebih sesuai agar lebih leluasa dan fleksibel, tapi apabila tidak punya Anda boleh memakai pakaian yang tidak begitu longgar dan panjang.
Bagusnya lagi memakai jaket atau hoodie agar keringat lebih cepat dan banyak keluar ketika berolahraga.

• Alas Kaki Nyaman

Gerakan olahraga seperti senam atau workout disarankan menggunakan alas kaki baik sepatu atau kaus kaki agar selama bergerak kaki tetap terasa nyaman serta menghindari permukaan yang licin.

Hal-hal yang Harus Dilakukan

Berikut ini ada beberapa hal yang mesti dilakukan baik sebelum dan sesudah olahraga.
  • Selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah kram.
  • Memilih olahraga yang sesuai dengan usia dan tingkatan.
  • Jangan lupa pendinginan setelah selesai berolahraga.
  • Lakukan secara rutin setiap harinya.

Olahraga Tanpa Gym

1. Melakukan Peregangan Setiap Pagi

Setiap bangun tidur di pagi hari usahakan selalu melakukan peregangan ringan agar tubuh tidak terasa kaku dan tegang, lakukan hal ini setiap hari selama kurang lebih 15-20 menit.
Peregangan bisa dengan merentangkan kedua tangan ke samping lalu ke atas, merentangkan kedua tangan sejajar dengan kaki, dan sebagainya.

2. Workout

Tips latihan kebugaran di rumah: berolahraga tanpa gym berikutnya ternyata bisa di rumah dan tanpa alat-alat khusus. Awal pandemi, olahraga dari rumah atau workout jadi tren dan viral karna hasil yang didapat setelahnya.
Anda bisa tonton video tutorialnya lewat Youtube dan sesuaikan tingkatan juga bagi anak-anak. Durasi berlangsung 15-30 menit lamanya.

3. Lompat Tali

Lompat tali atau skipping adalah olahraga sederhana yang bisa mengeluarkan banyak keringat. Lakukan setiap harinya selama 20 menit-60 menit diselingi istirahat 5 menit.
Olahraga yang satu ini juga bagus untuk perkembangan tinggi badan anak-anak dan Anda yang sedang diet pun bisa menurunkan berat badan lewat lompat tali, loh.
Cara tepat skipping adalah cukup mengayunkan tali oleh kedua tangan, tidak perlu seluruh lengan ikut berayun dan rapatkan kedua kaki saat melompat, sehingga Anda tidak akan terlalu kelelahan.

4. Senam

Senam sudah dikenal akan manfaat untuk melemaskan otot-otot tubuh meski gerakannya sangat sederhana dan waktunya terbilang sebentar.

Anda dapat mengajak serta anak-anak bersenam di pagi hari diiringi dengan musik yang menyenangkan. Lakukan senam dimulai dari bagian pemanasan terlebih dahulu sebelum ke gerakan inti, setelah beres jangan lupa lakukan bagian pendinginan.

Itulah tips latihan kebugaran di rumah: berolahraga tanpa gym yang boleh Anda bersama buah hati coba lakukan di rumah. Selamat mencoba.

Previous articleApa Saja Stres Yang Dihadapi Orang Tua Selama COVID-19 Dan Cara Mengatasinya
Next articleTo Avoid, Here’s the Negative Impact of Helicopter Parenting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here