Home Indonesian Apa Saja Stres Yang Dihadapi Orang Tua Selama COVID-19 Dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Stres Yang Dihadapi Orang Tua Selama COVID-19 Dan Cara Mengatasinya

63
0

Membahas tentang stres apa saja yang dialami oleh orang tua pada masa wabah covid 19 dan cara mengatasinya

Menjadi orang tua dan harus membesarkan anak selain mencari nafkah untuk keluarga, bukan suatu hal yang mudah, apalagi di masa pandemi virus Corona yang belum ditemukan obatnya seperti sekarang ini. Jika tak kuat mental maka bisa timbul stres. Nah berikut ini beberapa penyebab stres yang dihadapi orang tua selama COVID-19 dan cara mengatasinya.

Stres karena Khawatir Anak Tertular Covid dan Sakit

Orang tua menjadi stres karena mengkhawatirkan kondisi kesehatan anak. Meski demi mencegah penularan Covid 19 maka lalu dilaksanakanlah sekolah daring. Jadi anak-anak tak perlu bersekolah secara fisik, meninggalkan rumah. Anak-anak tetap berada di rumah, di bawah pengasuhan orang tua, dan mengerjakan tugas-tugas sekolahnya secara online bisa lewat smartphone atau laptop dan PC (Personal Computer) sebagai sarana untuk berhubungan atau berkomunikasi dengan gurunya.

Hal ini sebagai upaya untuk melalukan social distance atau pembatasan kontak fisik, untuk menjaga agar anak juga gurunya tak saling menularkan virus covid 19. Masalahnya mengasuh Anak Selama Pandemi Coronavirus itu tidak mudah. Orang tua perlu mengawasi anak selama 24 jam. Apalagi kalau orang tua harus bekerja di luar rumah. Jadi kalau sebelumnya anak bisa dititipkan di sekolah selama orang tua bekerja maka kini hal itu tak bisa dilakukan lagi.

Meski kini sudah ada sekolah yang dibuka lagi, namun tanggung jawab dan keputusan membolehkan anak keluar rumah dan bersekolah lagi itu menjadi risiko orang tua sepenuhnya. Jangan sampai anak tertular Covid saat berada di luar rumah, sekalipun itu pada saat bersekolah. Mengawasi dan mengasuh anak akan menjadi lebih berat jika kedua orang tua nya harus bekerja di luar rumah, juga bagi para single parent. Harus bisa mengatur waktu dengan baik dan mencari pengasuh pengganti yang bisa dipercaya dan dipastikan sehat dan tak membawa virus Covid ke rumah, saat orang tua sedang berada di luar rumah. Hal inilah yang memicu terjadinya stres.

Orang tua bisa meminta bantuan kepada kakek dan nenek atau kerabat lain untuk menjaga anak-anak. Bisa juga bergantian dengan tetangga untuk saling menjaga anak-anak. Atur jadwalnya dengan baik.

Stres karena Sekolah Online

Sekolah online memang bisa mencegah kontak fisik dan menghindarkan anak dari kemungkinan tertular Covid dari orang lain. Tapi untuk mendukung proses belajar mengajar selama daring, orang tua kini perlu menyediakan sarana prasarananya, seperti kuota internet dan juga ponsel atau laptopnya. Bagi orang tua yang kurang mampu maka ini bisa menimbulkan stres, karena makin bertambahnya beban biaya untuk menyekolahkan anak. Pada saat ini maka orang tua bisa menggunakan dana darurat. Selain itu juga orang tua harus siap dan mampu menjawab dan membantu anak melaksanakan tugas-tugas sekolahnya. Hal ini menambah stres tersendiri. Sebagai solusinya orang tua bisa serching jawabannya lewat internet, dan bersama anak mendiskusikannya.

Stres Karena WFH (Work from Home)

Saat Covid banyak juga pekerja yang dirumahkan, baik yang masih dibayar sebagian saat WFH, atau ada yang benar-benar dirumahkan, tanpa diberi gaji apapun. Sedangkan biaya menyekolahkan anak naik, juga biaay kesehatan, perlu membeli vitamin, masker, sarana menjaga kebersihan dan lain sebagainya yang menambah pengeluaran juga. Apalagi jika anak merengek meminta ponsel dan laptop yang bagus untuk sekolah daringnya karena semua teman mereka memakainya. Di satu sisi saat WFH bisa mengasuh anak di rumah, tapi disisi lain pemasukan berkurang. Sebagai solusinya maka perlu cari usaha sampingan, bisa coba jualan online atau tawarkan jasa mengasuh anak kepada tetangga dan lain sebagainya.

Cobalah lebih kreatif dan tetap tenang serta berpikiran jernih, usahakan untuk tidak stres. Perbanyak ibadah.


Previous articleTips Mengasuh Anak Selama Pandemi Coronavirus yang Baik dan Benar
Next articleSangat Sederhana! Ini Tips Latihan Kebugaran Di Rumah: Berolahraga Tanpa Gym

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here