Home Indonesian Terapi Terbaik Untuk Kesehatan Psikis dan Fisik

Terapi Terbaik Untuk Kesehatan Psikis dan Fisik

64
0

Dalam dunia kesehatan kita mengenal banyak jenis dan model terapi. Mulai dari yang lama, baru atau yang mengalami modifikasi diupgrade menjadi lebih efektif. Secara umum jenis terpai dibagi menjadi dua model. Pertama adalah terapi untuk fisik dan kedua adalah terapi psikis, namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan maka muncul jenis terapi ketiga yang menggabungkan beberapa jenis terapi menjadi satu disebut dengan terapi holistic. Semua terapi yang ada bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan manusia. Karena manusia adalah mahluk yang sangat rentan terahadap berbagai jenis penyakit. Terapi kesehatan dilakukan sebagai upaya untuk menjaga, mencegah, merawat dan memulihkan tubuh dari penyakit, baik itu penyakit fisik maupun penyakit mental.

Apa Itu Hidroterapi?

Hidroterapi adalah salah satu jenis terapi yang efektif menggunakan air. Air adalah salah satu komponen penting dalam tubuh manusia yang berperan sebagai detoksifikasi, relaksasi, dan meningkatkan sirkulasi karena itu sangat dibutuhkan untuk kehidupan. secara alamiah air bekerja dengan sempurna menjaga keseimbangan kebugaran tubuh, tidak bersifat alergik terhadap tubuh, mudah didapatkan dan tidak murah.

Terapi ini sangat mudah dilakukan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Mulai dari bayi, anak anak, dewasa dan orang tua dapat dengan mudah melakukannya. Terapi ini tidak hanya digunakan untuk membantu menjaga kesehatan fisik seseorang tetapi juga mampu merawat kesehatan psikis sekaligus. Terapi ini menggunakan media air sebagai bahan utama proses pelaksanaannya. Jenis air yang digunakan adalah air mineral yang terjaga kebersihan dan kesuciannya. Tidak boleh kita menggunakan air yang kotor, berbau, berasa dan tercemar. Suhu air yang digunakan bisa menyesuaikan dengan fungsi penggunaan terapi. Hidroterapi dapat menggunakan air dengan suhu hangat, bisa juga menggunakan air dengan suhu dingin, atau kombinasi dari air hangat dan dingin. Namun dalam suhu normal air mineral tetap bisa juga digunakan untuk melakukan terapi.

Apa saja jenis hidroterapi?

Jenis hidroterapi menggunakan fungsi suhu air ada 5 macam.

Pertama menggunakan suhu air panas untuk relaksasi pada otot orang dewasa yang mengalami kondisi tegang setelah beraktifitas berat.

Kedua relaksasi menggunakan air hangat untuk relaksasi pada anak bayi saat memandikan.

Ketiga menggunakan air dingin untuk diaplikasi dengan handuk dan digunakan untuk mengkopres badan yang terkena benturan dan bengkak.

Keempat adalah kombinasi antara panas dan dingin untuk terapi pada orang dewasa yang mengalami gejala strok ringan untuk menstimulasi saraf.

Kelima adalah air dengan suhu normal atau suhu ruangan yang bisa kita gunakan sewaktu waktu dimana saja dan kapan saja

Bagaimana hidroterapi mudah dilakukan?

Hidroterapi yang mudah kita lakukan adalah dengan menggunakan air mineral dengan suhu normal. Kita bisa melakukannya setiap saat ketika membutuhkan. Model terapi ini disebut dengan wudhu, bagi seorang muslim wudhu adalah kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Minimal seorang muslim melakukan wudhu sebanyak lima kali sebelum melakukan ibadah sholat. Pertama diwaktu setelah bangun tidur pukul 04.00 pagi, kedua diwaktu istirahat siang hari pukul 12.00, ketiga diwaktu sore hari pukul 15.00, keempat diwaktu menjelang malam hari pukul 18.00 dan terakhir diwaktu awal malam hari pukul 19.00. pada kelima waktu itulah proses metabolism tubuh mengalami relaksasi yang sangat dibutuhkan. Tidak hanya secara fisik tubuh membutuhkan relaksasi tapi psikis juga membutuhkan waktu untuk relaksasi juga.

Tahapan melaksanakan wudhu

  1. Berniat untuk berwudhu dengan membaca bismillahirrahmanirrahim
  2. Menyediakan air mineral dengan suhu normal
  3. Membersihkan telapak tangan dengan menggosok sela sela jari secara menyeluruh dengan Air
  4. Membersihkan mulut dengan berkumur dan menggosok sela sela gigi dan lidah menggunakan jari tangan
  5. Menghirup air kedalam rongga hidung kemudian memberihkan dengan ujung jari
  6. Membersihkan wajah mulai dahi, alis, mata, hidung , pipi, bibir, dagu secara menyeluruh dengan Air
  7. Membersihkan telapak tangan sampai ke lengan dan siku secara merata dengan Air
  8. Mengusap kepala dari depan sampai belakang leher dilanjutkan dengan membersihkan daun telingan dan lubang telingan sampai bersih menggunakan ujung jari dengan air mineral
  9. Membersihkan telapak kaki hingga mata kaki dengan menggosok menggunakan tangan secara gentian kaki kanan dan kaki kiri menggunakan air mineral
  10. Terkahir ditutup dengan berdoa
Tahapan wudhu diatas dilakukan hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima hingga sepuluh menit. Namun dampak yang dirasakan oleh fisik dan psikis seseorang yang sudah melakukannya sangat luar biasa. Seluruh organ tubuh yang digunakan untuk beraktifitas selama sekian jam mengalami stimulasi relaksasi untuk merefresh kondisi fisik dan psikis agar kembali bugar seperti sebelumnya. Selama 24 jam tangan dan kaki melakukan kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan sesorang tanpa berhenti. Mata, telingan, hidung, merespon segala macam stimulasi sekian ribu kejadian hal mulai dari bangun hingga tidur kembali. Dan pikiran kita menggerakkan seluruh tubuh untuk merespon atau tidak merespon setiap hal semua kegiatan selama kita hidup.

Apa manfaat berwudhu bagi tubuh kita?

Jadi seluruh aktifitas tubuh selama 24 jam yang sangat berat, sangat banyak dengan beban pekerjaan yang menumpuk, beban masalah yang sangat komplek sejak kita bangun hingga tidur sehingga terurai secara alamiah dengan hidroterapi yang disebut dengan wudhu.

Dengan melakukan wudhu minimal lima kali dalam sehari merupakan terapi terbaik bagi aktivitas anak dan aktivitas keluarga untuk menjaga, merawat kondisi fisik agar tetap prima dan bugar. Begitu pula dengan kondisi psikis yang lemah, bosan, malas, hopless, tidak berdaya. Dengan berwudhu minimal lima kali sehari dapat membersihkan, merefresh kondisi psikis seseorang agar kembali bersemangat, memiliki motivasi yang tinggi, dan pikiran menjadi segar kembali. Tubuh tumbuh berkembang alamiah sehingga sehat secara holistic.

Previous articlePola Asuh Keluarga yang Efektif
Next articleDampak Terlalu Dini Menyekolahkan Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here