Home Indonesian Teori Burung Dalam Sangkar Emas

Teori Burung Dalam Sangkar Emas

56
0

Ada perubahan perilaku yang sangat jelas dapat kita lihat secara langsung kondisi seekor burung yang hidup dalam sangkar emas. Bila kita bandingkan dengan burung yang hidup di alam dengan bebas. Kondisi burung yang berada didalam sangkar emas terlihat indah dan bahagia. Selama hidupnya mendapat suplai makanan tanpa harus mencari. Dia hidup dengan sangat aman, nyaman dengan perlindungan ekstra.

Berbeda dengan burung yang hidup di alam bebas, dia harus bersusah payah untuk mencari makanan, dia harus mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan hidup . bahkan kehidupan sehari harinya sangat tidak aman karena sewaktu waktu bisa diterkam kucing hingga mati.

Hari ini anak anak kita sedang menjalani kehidupan yang sangat nyaman dan aman berada dalam rumah masing masing. segala fasilitas sudah dipenuhi oleh kedua orang tuanya. Mulai dari pakaian, makan minum, hiburan, bermain dan belajar semua sudah dipenuhi orang tua di rumah masing masing. kedua orang tua merasa bahwa dengan mencukupi semua kebutuhan dan berada dirumah adalah pilihan terbaik untuk masa depan anak.

Bagaimana teori burung dalam sangkar emas bekerja?

Teori ini berfungsi membandingkan kondisi burung yang hidup didalam sangkar emas dan burung yang hidup di alam bebas. Hasilnya adalah pertumbuhan dan perkembangan burung dalam sangkar emas mengalami hambatan. Saat burung keluar dari sangkar emas, dia kehilangan kemampuan untuk mencari makan dan bertahan hidup. Dia tidak mampu lagi menggunakan fungsi sayap untuk terbang tinggi. Dia tidak bisa berdaptasi hidup bersama dengan yang lainnya. Kemampuan insting dan ototnya menjadi lemah dan tidak berdaya. Sehingga pada akhirnya burung mengalami kematian yang tragis.

Berbeda dengan burung yang tumbuh berkembang hidup dialam bebas. Dia sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Dia tumbuh dengan kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Dia memiliki kemampuan terbang dengan sangat tinggi dengan sayapnya yang kuat. Kemampuan insting dan ototnya berkembang secara maksimal. daya tahan untuk hidup mencari makan, minum dan segala kebutuhannya dapat dilakukan dengan baik. Sehingga kemampuan bertahan hidupnya terbentuk dengan baik.

Bagimana dengan anak kita?

Orang tua dapat memilih untuk merawat anak menggunakan teori burung dalam sangkar emas atau memberikan kehidupan yang alamiah pada anak anaknya. Bila orang tua memilih teori tersebut maka sesungguhnya pikiran orang tua juga sedang hidup dalam teori burung dalam sangkar. Orang tua menganggap bahwa anak akan baik baik saja setelah sekian tahun aman dan nyaman berada dalam rumah. Orang tua belum tahu bagaimana kondisi anak saat meraka keluar dari rumahnya masing masing.

Faktanya, dapat lihat kondisi anak anak dilingkungan kita. Ada anak yang merasa takut saat bertemu dengan orang. Ada anak yang merasa cemas saat keluar dari rumahnya. Ada anak yang mengalami kekacauan mental saat merespon sesuatu yang baru. Ada anak yang mengalami kejenuhan menjalani aktifitas sehari hari yang monoton. Ada anak yang mengalami obesitas karena berlebihan mengkonsumsi makan. Ada anak yang mengalami gangguan penglihatan karena terlalu sering didepan laptop. Ada anak yang tidak bisa berjalan dengan normal, bahkan tidak mampu berlari dengan cepat. Ada anak yang tidak mampu berbicara dan berkomunikasi dengan lancar. Ada anak yang tidak mampu naik sepeda sendiri. Ada anak yang tidak bisa makan dan minum sendiri. Ada anak yang tidak kuat terkena panas sinar matahari. Ada anak yang takut bermain dengan teman temannya, dan masih banyak lagi kondisi normal yang tidak mampu dihadapi anak anak kita, meskipun itu adalah hal yang mudah dan sederhana. Mereka mengalami penurunan dan menjadi sangat lemah secara fisik maupun psikis, sehingga tumbuh kembang anak anak tidak berjalan dengan secara alamiah.

semoga anak kita tidak hidup dalam sangkar emas yang di ciptakan oleh pikiran orang tua

Previous article3 Tahapan Anak Tumbuh Kembang Menjadi Makhluk Sempurna
Next articleDampak Tidak Terpenuhinya Kebutuhan Afeksi Pada Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here