Home Indonesian Menjaga Kesehatan Jasmani Dan Rohani

Menjaga Kesehatan Jasmani Dan Rohani

56
0

Kesehatan adalah hal yang sangat penting kita miliki untuk menjalani kehidup sehari hari. Tanpa kesehatan, manusia tidak akan mampu melaksankan fungsi kehidupannya dengan baik. Dalam kondisi tanpa kesehatan atau sedang sakit, seseorang hanya mampu berbaring ditempat tidur tidak bisa melakukan banyak hal. Mulai bangun tidur, makan, minum, buang air kecil, buang besar, mandi, menggunakan baju, duduk, berbicara, dan beberapa hal sederhana sangat sulit untuk dilakukan orang yang sedang sakit. Kehidupan sehari hari sangat tergantung pada banyak hal seperti, alat kesehatan, obat, dokter, perawat, keluarga, dan semua orang disekitarnya. Dalam kondisi sakit manusia sangat lemah dan tidak bisa berbuat apa apa.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kesehatan Jasmani Dan Rohani?

Kesehatan manusia dibagi menjadi dua point penting. Yang pertama adalah kesehatan jasmani dan yang kedua adalah kesehatan Rohani. Yang pertama kesehatan jasmani adalah kesehatan fisik seseorang yang bisa kita lihat secara langsung dan nyata. kesehatan jasmani adalah upaya meningkatkan kemampuan tubuh manusia agar berfungsi secara optimal melalui aktivitas fisik, pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh dengan pola makan sehat agar tubuh tetap prima. jika fugsi organ-organ tubuh manusia dapat berjalan dalam keadaan baik atau normal maka kesehatan jasmani terpenuhi.

Yang kedua adalah kesehatan rohani. Kesehatan rohani adalah kesehatan psikis atau kejiwaan seseorang yang biasa disebut kesehatan mental yang tidak bisa kita lihat secara langsung. Hanya manusia itu sendiri yang bisa merasakan apakah mentalnya sehat atau tidak. Sehat secara mental berarti seseorang telah mempunyai kemampuan untuk memaintenance dirinya dalam berbagai aspek. Seperti saat seseorang menghadapi permasalahan yang membutuhkan pengambilan keputusan dengan tepat tanpa emosional. Salah satunya masalah yang sering dihadapi adalah konflik dan stress. Ini adalah kondisi di mana seseorang mengalami tekanan secara emosi dan mental. Mereka cenderung mudah baper, marah, cemas, tersinggung, hingga putus asa.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani?

Mendapatkan kesehatan jasmani dan kesehatan rohani adalah hal yang sangat penting untuk aktifitas kehidupan manusia sehari hari. Mulai dari tidur hingga bangun tidur setiap hari selama 24 jam seluruh hidup manusia sangat membutuhkan kesehatan. Kesehatan adalah rejeki dan harta tak terhitung yang terkadang terlupakan oleh manusia.

Berikut tips aktifitas kegiatan sehari hari yang dapat kita lakukan agar dapat menjaga kesehatan jasmani dan Rohani.

Menjaga kesehatan jasmani dapat dilakukan dengan cara:

  • Membiasakan pola makan, makanan dan minuman sehat.
  • Mengkonsumsi makan halal, baik dan bergizi
  • Berkatifitas sesuai dengan kemampuan fisik dan usia.
  • Berolah raga setiap hari sekitar 30-50 menit
  • Istirahat yang cukup sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Menjaga kebersihan diri (mandi, berwudhu) dan lingkungan sekitar.
  • Menghidari kebiasan atau perilaku buruk seperti merokok, makanan instan, minuman beralkohol, dst.
  • Sholat tepat waktu.

Menjaga kesehatan rohani dapat dilakukan dengan cara:

1. Menurut Faculty and Staff Wellness, sehat rohani dapat dilakukan dengan cara berdamai dengan pikiran dan hati sehingga mendapat keharmonisan dalam hidup. Contoh kebutuhan rohani adalah dengan berdoa sesuai keyakinan. Cara ini dapat dilakukan dengan menemukan makna dan tujuan hidup berupa keimanan yang ada dalam diri setiap manusia.

2. Beribadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing masing. seperti sholat lima waktu, kebaktian, yoga dst.

3. Bertempat tinggal, memiliki lingkungan yang bersih sehat dan berinterakasi social dengan baik.

4. Berperilaku jujur, tanggung jawab, sopan, bijaksana, rendah hati, toleransi, tolong menolong dan berakhlaqul karimah.

5. Bersedekah kepada orang yang tidak mampu, seperti fakir miskin, anak terlantar, terkena musibah bencana alam dst.

6. Menjalakan semua perintah dan menjauhi larangan Allah SWT dengan sekuat tenaga.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Dan Kehidupan?

Dalam kondisi yang sehat secara jasmani dan rohani, Manusia dapat memaksimalkan seluruh kemampuan untuk melakukan kemanfaat, kebaikan pada dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Bila manusia tidak mampu menjaga kesehatan dirinya sendiri maka akan berdampak pada kerusakan pada dirinya sendiri dan kerusakan pada lingkungan disekitarnya.

Kerusakan lingkungan disekitar dan bumi ini bukan disebabkan oleh anomaly perubahan cuaca ektrim, perilaku binatang, tumbuh tumbuhan dan factor factor yang lainnya.

Kerusakan lingkungan dan bumi ini disebabkan karena ulah tangan dan perilaku manusia yang sakit secara jasmani dan rohani.

Previous articleKekerasan Pada Anak Di Masa Pandemic
Next articlePenyebab Obsesive Compulsive Disorder Pada Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here