Home Indonesian Kekuatan memulai perbuatan dengan kata kata positif

Kekuatan memulai perbuatan dengan kata kata positif

57
0

Memulai kegiatan dipagi hari adalah hal yang menyenangkan bila dimulai dengan pikiran yang optimis. Namun kenyataannya tidak semua anak bisa memulai dan menghadapi kegiatan dipagi hari dengan semangat. Secara umum saat bangun pagi anak anak akan bersikap malas, rewel bahkan sampai menangis karena tidak mau dibangunkan dari tidurnya. Kondisi pagi hari yang padat kegiatan dengan waktu yang terbatas membuat suasana bangun pagi menjadi menyeramkan. Orang tua mengharapkan anak bisa bangun tepat waktu, sedangkan anak ingin tidur lebih lama lagi. Konflik pagi hari tidak bisa dihindari sehingga sering dihadapi orang tua saat memulai aktifitas dengan suasana yang tidak kondusif.

Apa penyebabnya?

Kondisi fisik yang lelah setelah beraktifitas sepanjang hari membutuhkan istirahat yang cukup. Kebutuhan istirahat seorang anak sangat berbeda dengan orang dewasa. Anak usia 2 tahun keatas membutuhkan waktu untuk istirahat kurang lebih 10 sampai 14 jam setiap hari. Untuk Anak usia 6 – 12 tahun membutuhkan istirahat waktu 8 sampai 10 jam setiap hari. Sedangkan orang dewasa usia 13 tahun keatas membutuhkan waktu istirahat kurang lebih 6 sampai 8 jam saja. Hingga usia tua jumlah jam istirahat akan semakin berkurang.

Durasi waktu istirahat pada anak seiring tidak terpebuhi dengan baik karena aktiftas belajar daring berlanjut menjadi game online. Permasalahan ini banyak terjadi pada anak anak yang awalnya hanya mencoba kemudian menjadi ketagihan game online. Dampak game online ini membuat jam istirahat anak menjadi kacau. Selain kebutuhan istirahat tidak terpenuhi dengan baik, anak menjadi malas melakukan aktivitas gerak. Kondisi ini menjadi penyebab secara umum anak sulit untuk bangun pagi karena pada malam hari mereka tidak tidur melainkan aktif bermain game online.

Bagaimana memulai aktifitas dengan semangat?

Disiplin dengan waktu beristirahat adalah point utama untuk menjaga kondisi anak agar tetap segar. Tanpa waktu istirahat yang cukup maka sulit bagi orang tua untuk mengkondisikan anak dipagi hari. Bila kebutuhan istirahat anak terpenuhi dengan baik maka anak akan mendapatkan kondisi relaksasi yang cukup sesuai dengan usianya. Sehingga saat bangun pagi kondisi tubuhnya akan kuat, segar dan bugar.

Bagaimana menjaga kebiasaan baik?

Saat mengawali kegiatan apapun ajarkan pada anak untuk mengucapkan kata kata positif sebelum memulai aktifitas apapun. Pengucapakan kata kata positif bisa dilakukan dengan melafalkan secara keras maupun melafalkan didalam hati. Saat bangun pagi adalah waktu yang tepat untuk mengawali semua kegiatan dengan mengucapkan kata kata positif. Perilaku ini harus dibiasakan agar anak terlatih untuk melakukan dengan sendirinya.

Apa kata positif yang efektif?

Banyak kata yang bermakna positif bisa digunakan orang tua untuk diajarkan kepada anak. Sebagai umat muslim kita membiasakan anak saat bangun pagi diawali dengan doa bangun tidur. Berdoa adalah kata kata positif yang sangat kuat mempengaruhi pikiran anak saat memulai kegiatannya. Jadi setiap aktifitas apapun yang dilakukan anak mulailah dengan mengucapkan kata kata positif seperti mengucapkan ; Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang (basmalah). Bila anak sudah terbiasa mengawali perilaku dengan kata kata tersebut maka kegiatan apapun yang dilakukannya akan mudah dan menyenangkan. Anak anak akan merasa gembira, bahagia dan sangat senang melakukan aktivitasnya sepanjang hari bersama orang tua dan keluarganya.
Ajarkan anak memulai sesuatu dengan kata kata positif, maka perilakunya akan menjadi luar biasa.
Previous articleProses Toxic Relationship Pada Anak
Next articleBedah kasus Sleep Disorder

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here